"Bila bisa menjadi bagian dari solusi, lalu kenapa masih hanya memaki?"

Jul 22, 2014

Project #1 dan Project #2 - Kondang Merak

11:26 AM Posted by Donasi Buku , No comments
        Kegiatan perdana kami dilaksanakan pada 30 - 31 Maret 2014 kemarin. Dan bisa juga dijadikan sejarah terbentuknya Donasi Buku.

        Semua diawali dari sebuah blogposting seorang traveller, mari sebut saja namanya Mas Bolang.
Postingan blog ini bercerita tentang sebuah desa nelayan yang anak-anaknya punya minat baca yang tinggi namun kondisi perpustakaannya sangat sederhana dan koleksi buku anaknya kurang. Lalu tercetuslah ide untuk bisa ikut menambah koleksi buku di sana. Ngobrol-ngobrol dulu lah sama Mas Bolang. Setelah dapat iyes dari Mas Anang Bolang, step selanjutnya yang harus dilakukan adalah sebar info mengenai pengumpulan buku ini dan juga cari info akomodasi untuk mencapai Kondang Merak.


        Karena waktu yang kami punya untuk pengumpulan buku saat itu hanya satu bulan, ditambah belum ada yang bisa desain poster, pun masing-masing punya kesibukan sendiri, jadilah informasi pengumpulan buku hanya dilakukan di sosmed. Hanya pasang status dengan hashtag #donasibuku, tanpa poster. Sangat sederhana.

       Tapi siapa yang sangka, buku yang terkumpul lumayan banyak. God always work in a mysterious way, indeed.

        Lokasi menuju ke desa nelayan di Kondang Merak ini aksesnya cukup sulit, karena jalanan masih berbatu dan tidak ada angkutan umum yang sampai ke sana. Dengan bantuan Tim Taft Diesel Malang Raya, tumpukan buku kami berhasil melewati megahnya kawasan hutan Malang Selatan dan sudah duduk manis di Pantai Kondang Merak menunggu Tim Donasi Buku yang masih ajrut-ajrutan di angkot yang kami sewa untuk ke Pantai Kondang Merak.

        Perjalanan jauh yang melelahkan dan ajrut-ajrutan itu sudah lunas dibayar oleh ini.
Smile People, Smile :)
       Saat kami di sana, didapatilah fakta ternyata yang punya minat baca tinggi tidak hanya anak-anak, para Ibu juga punya ketertarikan membaca. Ditambah dengan alasan anak-anak Kondang Merak yang sulit memperoleh alat-alat tulis karena jauh dari kota, kalaupun ada harganya mahal, maka kami memutuskan untuk mengumpulkan kembali donasi buku. Dan kali ini fokus pengumpulan buku tidak hanya buku anak.

       Tanggal 10 - 11 Mei 2014 kami kembali ke Kondang Merak untuk menyerahkan buku yang terkumpul, ditambah dengan peralatan tulis untuk anak-anak serta meja kecil untuk keperluan perpustakaan. Karena saat itu sedang ada liputan dari Metro TV mengenai keanekaragaman ekosistem laut maupun hutan, kegiatan penyerahan buku pun sempat sedikit tertangkap kamera.

       Bila ada yang ingin tau betapa indahnya Kondang Merak bisa lihat hasil liputan 1000 Meter Metro TV dengan tema Tepi Pantai Kondang Merak bisa dilihat di sini untuk episode pertamanya, dan masih ada 2 episode lainnya.

       Iya, kami kesana hanya ingin berbagi satu kebahagiaan dengan mereka. Tapi pulang-pulang kami ditampar berjubel kebahagiaan berkali-kali lipat, yang sama sekali tidak kami prediksi. Ah, terima kasih anak-anak Kondang Merak, hasrat kalian pada buku membantu kami menemukan keluarga baru.

      Kakak-kakak donatur, sekali lagi terima kasih untuk kesediaannya membantu kami mengumpulkan jendela dunia untuk mereka. Terima kasih Mas Bolang sudah membuat tulisan yang menggugah dan menghantar kami ke Kondang Merak. Mas dan mbak dari TDI, Mas Andik dari Sahabat Alam, and Van Den Hurk couple, terima kasih. Terberkatilah kalian.

Karena sesungguhnya, kita sedang berinvestasi pada anak bangsa. (m)

Pict. taken by Ibnu Ary Wibowo

0 comments:

Post a Comment