"Bila bisa menjadi bagian dari solusi, lalu kenapa masih hanya memaki?"

Jul 23, 2014

Project #3 - #BukuUntukSemau

1:06 AM Posted by Donasi Buku , , , , No comments
Ada yang tau Semau? Ndak tau?
Oke.
Pada mikir typo ya? Ndak apa-apa, Tim Donasi Buku awalnya juga pikir itu typo kok :"

Baiklah akan dijelaskan.
Jadi, Semau adalah pulau yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Siapa tau ada yang berpikir Pulau Semau ada di luar negeri, itu salah yaaa. Pulau Semau masih ada di dalam wilayah teritorial NKRI.

Bila kalian salah satu pecinta pantai atau laut, maka berhati-hatilah, karena jatuh cinta pada pantai di Pulau Semau yang cantiknya luar biasa sungguh tidaklah sulit. Hamparan pasir putih, langit biru cerah atau dilengkapi segerombol awan putih, dengan laut biru turqoise kami yakini sebagai perpaduan ciamik untuk setiap mata yang memandangnya.

Pict By Mas Bolang

Namun sayangnya kecantikan Pulau Semau tidak serta merta tanpa cela. Seperti biasa, semakin jauh jarak suatu daerah dari Ibu Kota, maka perhatian pemerintah akan semakin minim. Akses buku yang masih sulit, misalnya. Oleh sebab itu, ke daerah ini lah project kedua Donasi Buku akan ditujukan.

Lagi-lagi info mengenai sebuah perpustakaan di Pulau Semau ini kami dapatkan dari Mas Bolang yang kali ini sedang menikmati Indonesia bersama dengan Vario hijaunya.

Di Pulau Semau, tepatnya di Desa Uiboa terdapat sebuah perpustakaan sederhana yang merupakan hasil gagasan dari Mahasiswa Universitas Undana yang sedang KKN pada tahun 2010. Dan Perpustakaan tersebut diberi nama Taman Baca Pancaran Kasih (selanjutnya akan disebut TB. Pancaran Kasih).

Pak Stef dan Koleksi Buku di TB. Pancaran Kasih

Saat ini TB. Pancaran Kasih dikelola oleh Pak Stef, Kepala Desa Uiboa. Perlu diketahui bahwa masyarakat Uiboa sangat antusias dalam membaca. Berdasarkan info yang kami peroleh dari Mas Bolang, bahkan masyarakat di sana tau mengenai bercocok tanam dari membaca.

Taman baca terbagi dua, satu untuk orang dewasa dan satunya lagi khusus buku untuk anak terletak di belakang rumah Pak Stef. Saat pagi, taman baca ini difungsikan sebagai PAUD. Saat menunggu anaknya PAUD para orang tua menyempatkan diri untuk membaca di taman baca.

Untuk taman baca anak, setiap hari selalu ramai dikunjungi anak-anak. Sayangnya minat baca yang cukup tinggi tersebut tidak sebanding dengan jumlah koleksi buku yang ada di taman baca. Satu buku pengetahuan sering menjadi bahan rebutan mereka.
Anak-anak bersama Pak Stef

        Anak-anak ini pun belakangan ini semakin tertarik untuk belajar Bahasa Inggris karena memang Pulau Semau mulai banyak didatangi turis asing. Hanya saja sampai saat ini TB. Pancaran kasih belum memiliki kamus maupun modul Bahasa Inggris satu pun.

       Oleh sebab itu kami kembali melakukan pengumpulan buku untuk mengisi rak buku mereka yang lowong. Rencana sementara buku akan diantar ke Semau pada bulan September, oleh sebab itu pengumpulan buku kami tunggu hingga akhir Agustus.

Adapun jenis buku yang dibutuhkan:
  1. Kamus & modul Bahasa Inggris
  2. Ensiklopedia
  3. Buku cerita anak
  4. Buku bercocok tanam atau beternak
  5. Novel
        Buku yang disumbangkan boleh buku baru, buku bekas juga tidak apa-apa asalkan kondisinya masih layak baca. Untuk penyerahan buku bisa langsung hubungi CP yang bisa dilihat di sini.

        Untuk info kegiatan pengumpulan buku kali ini bisa dipantau di akun twitter maupun grup FB kami, bisa juga pantau linimasa dengan hashtag #BukuUntukSemau.


Sekian dulu infonya. Salam buku dari Tim Donasi Buku :)
(m)

0 comments:

Post a Comment